Selamat datang di media pembelajaran Biologi berbasis BLOG materi pelajaran Sistem Saraf...

Penghantaran Impuls

Penghantaran Impuls Saraf dalam Neuron
Penghantaran impuls saraf dapat terjadi melalui sel saraf.  Jika tidak  ada rangsangan, neuron dalam keadaan istirahat . Muatan listrik diluar membrane neuron adalah positif,  sedangkan muatan listrik di dalam neuron adalah negatif.  Keadaan seperti ini disebut polarisasi. Jika neuron dirangsang dengan kuat, maka permeabilitas membrane akan brubah.akibatnya polarisasi berubah. Polarisasi mengalami pembalikan dilokasi tertentu. Kemudian proses pembalikan polarisasi diulangi sehingga menyebabkan rantai reaksi. Dengan demikian impuls berjalan sepanjang akson. Setelah impuls berlalu, membrane neuron memulihkan keadaan seperti semula. Selama pemulihan ini, impuls tidak bisa melewati neuron tersebut (periode refraktori).


Penghantaran Impuls Saraf di Sinapsis
Sinapsis adalah sambungan sambungan antara neuron yang satu dengan yang lain. Pada sinapsis terdapat celah yang dinamakan dengan celah sinapsis. Penjalaran impuls melintasi sinapsis berlangsung searah, yaitu dari neuron prasinapsis ke neuron postsinapsis yang melibatkan zat penghantar,  zat penghantar tersebut dinamakan neurotrasmiter.

Neurotransmiter diproduksi oleh prasinapsis dan disimpan di dalam vesikel. Jika impuls tiba ditombol sinapsis maka akan terjadi peningkatan permeabilitas membrane prasinapsis terhadap ion  Ca2+ . Kemudian ion Ca2+ masuk ke postsinapsis yang dibawa oleh neurotransmitter.

Konsentrasi Ca2+  yang meningkat di dalam terminal menyebabkan vesikel  sinapsis berfusi dengan membaran prasinapsis.

Vesike melepaskan neurotransmiter ke dalam celah sinapsis.

Neurontransmiter berikatan dengan reseptor saluran ion di membrane postsinapsis, sehingga membuka saluran tersebut.  N+ dan K+ dapat berdifusi melalui saluran tersebut dan impuls mengalir.

Setelah impuls mengalir neurotrasmiter dilepaskan oleh reseptor dan saluran ion tersebut menutup. Kemudian neurotransmiter  kembali lagi menuju vesikula sinapsis di prasinapsis.


Get this .